4 Tips Cara Keluar Dari Zona Nyaman

Posted by



Confort zone atau zona nyaman, sebetulnya setiap orang pasti sering mengalami yang namanya zona nyaman berapapun usia Anda apapun latar belakang Anda ,apapum profesi Anda saat ini Anda pasti pernah mengalami yang namanya zona nyaman, sebetulnya definisi zona nyaman apa sih? zona nyaman adalah suatu keadaan, suatu kondisi dimana Anda itu sedang terlena, Anda sudah cukup puas dengan sebuah kondisi dan akhirnya kondisi ini mempunyai efek negatif yaitu membuat Anda tidak bisa lagi maju, tidak bisa bertumbuh dan tidak bisa lagi berkembang sehingga Anda mengalami suatu kondisi yang namanya stagnan dan akhirnya cenderung menurun, nah itulah bahayanya zona nyaman nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas 4 tips bagaimana cara keluar dari zona nyaman.

Bagi Anda yang saat ini kondisinya seorang mahasiswa tentu anda sudah cukup nyaman dengan kondisi selama hidup anda dari kecil sampai Anda mencapai posisi mahasiswa seperti sekarang, maksudnya nyaman itu apa? yaitu anda sudah terbiasa atau Anda sudah nyaman yang namanya bangun pagi, berangkat sekolah, kemudian pulang terus sampai dirumah belajar sama teman-teman dan sebagainya, nah dimanakah letak zona nyaman anda? letak zona nyaman Anda adalah selama ini Anda sudah memunyai pola yang cukup teratur yaitu kalau anda dari SD,SMP,SMA rutinitasnya sama yaitu belajar, sekolah, les mungkin atau private atau mungkin punya ekstrakurikuler dan sebagainya.

http://sisbrogaptek.blogspot.co.id/2016/03/4-tips-cara-keluar-dari-zona-nyaman.html

 Jadi hidup Anda itu selama ini sudah cukup teratur seperti itu selama bertahun-tahun bahkan puluhan tahun, tetapi yang membuat Anda nyaman adalah karena mungkin selama ini ada orang yang menafkahi anda yaitu orang tua anda, jadi orangtua Anda banting tulang pagi sampai malam untukmenafkahi anda supaya anda bisa memiliki pelajaran yang baik, nah zona nyaman Anda adalah anda terbiasa segala sesuatu disiapkan, uang sekolah di siapkan, kemudian uang pendaftaran disiapkan,dan mungkin itulah yang menyebabkan selama ini anda tidak terbiasa bagaimana harus keluar dari zona tersebut dan celakanya kenapa banyak mahasiswa mengalami kegalauan yang luar biasa ketika sudah tamat S1, nah banyak mahasiswa menurut survey mengalami kebingungan yang luar biasa karena tamatan SD biasanya larinya ke SMP lalu ke SMA nah setelah itu masih ada jenjang lagi yaitu melanjutkan ke perguruan tinggi nah sampai di perguruan tinggi atau mahasiswa setelah itu tidak ada lanjutan lagi bagi anda yang masih seneng sekolah anda bisa lanjutkan ke S2 bahkan sampai S3 tetapi kebanyakan orang sampai S1 mereka sudah mulai galau karena setelah ini saya harus kemana? karena kalau dari SD,SMP,SMA anda terbiasa dengan kurikulum sekolah kalau kuliah anda terbiasa dengan kurikulum kampus atau universitas, tapi setelah tamat kuliah anda tidak terbiasa dengan yang namaya kurukulum pasca mahasiswa nah itulah dinamakan kurikulum kehidupan, nah padahal kehidupan itu selalu berubah, kehidupan tidak pernah statis.

Orang yang kaya-raya bisa saja jatuh bangkrut, orang yang kondisi kesehatannya prima tiba-tiba bisa sakit itulah yang namanya kehidupan, tidak ada yang pasti di dalam kehidupan yang pasti adalah perubahan. Orang itu pasti menua, orang itu pasti sakit kalau tidak kontrol makan dengan baik, orang itu pasti kondisi finansialnya membaik kalau dia tidak lagi mau bekerja itu sesuatu yang pasti adalah perubahan, kalau anda tidak pernah menyadari akan hal ini yang pasti adalah perubahan maka nanti akan terlena di zona ini terus. nah inilah tipsnya cara keluar dari zona nyaman:

http://sisbrogaptek.blogspot.co.id/2016/03/4-tips-cara-keluar-dari-zona-nyaman.html

1.Belajar Hal-Hal yang Baru

Jadi hidup anda itu jangan monoton, anda jangan cuman berteman dengan itu-itu saja, setiap hari ke sekolah ke kampus sama orang-orang itu saja, yang itu kita sebut saja teman dekat. Karena percayalah bahwa kondisi finansial anda 5 tahun ke depan tidak akan jauh berbeda dengan 5 orang teman terdekat anda. lima orang terdekat anda ini kondisinya seperti apa anda tidak akan jauh berbeda dalam hal ini, seringkali anak muda itu tidak bisa mengambil keputusan yang besar dalam hidupnya yaitu kalau anda mau maju, anda harus meninggalkan lingkungan anda sekarang (leave your confort zone right now). Misalkan; mungkin anda saat ini rutinitas anda belajar anda mungkin mulai bisa ikut seminar disitu anda akan bertemu dengan orang orang baru, teman teman baru yang mau maju.

2.Bertemu Orang-Orang yang Baru

Dengan anda bertemu dengan orang yang baru anda akan mendapatkan wawasan baru, biasanya kalau orang taunya seputar dunia olahraga yang dibahas seputar dunia olahraga, dia tidak tahu dunia otomotif, kalau teman anda berbicara tentang seputar dunia otomotif  ,dia tidak mungkin berbicara dunia tekstil , kalau teman anda di dunia tekstil saja dia tidak aka berbicara otomotif maupun olahraga. Jadi anda harus mempuyai teman berbagai kalangan yang mempunyai wawasan dari berbagi sektor supaya anda bisa selalu menambahh hal-hal yang baru, wawasan baru, kalau anda cuman nyaman dengan kondisi anda sekarang anda tidak akan mendapatkan sesuatu, anda tidak belajar sesuatu sehingga membuat diri anda itu selama ini menjadi stagnan.


3.Tetapkan Target /Goals yang Baru 

Seorang mahasiswa yang tidak pernah tahu kapan dia akan lulus maka kuliahnya tidak akan pernah selesai, dia tidak menetapkan Goals kapan saya harus selesaikan skripsi, kapan saya harus selesaikan kuliah saya, maka selamanya dia akan tetap menjadi mahasiswa abadi. Seorang karyawan yang tidak pernah menetapkan Goals kapan dia harus mencapai penghasilan sekian maka selamanya dia akan seperti itu hidupnya, seorang pengusaha yang hari ini tidak menetapkan target penjualanya tahun ini harus mencapai sekian maka selama ini dia pekerjaanya cuman mengalir begitu saja, jadi anda harus menetapkan save new goals supaya anda punya satu tantangan baru dan ada kemajuan baru.


4.Action "Lakukan yang Anda Pelajari Sekarang Juga"

Banyak orang yang pandai berencana, planningnya ini itu, tapi tidak diselesaikan, nah itu sama saja tidak ada realisasinya, bisakanlah malam sebelum tidur untuk menulis apa jadwal yang dilakukan esok hari dan itu harus dilakukan bertahun tahun, dan oleh sebab itu anda bisa mengerjakan pekerjaan dalam waktu satu minggu anda bisa selesaikan dalam waktu dua hari setelah di planning kan dan diselesaikan dan anda bisa melakukan 2 sampai3 kali lipat lebih cepat dibandingkan orang rata rata , maka sebab itu jangan heran kalau anda bisa sukses lebih cepat 10 sampai 20 tahun lebih awal dari pada orang rata-rata, itu dibangun dari tindakan yang anda rencanakan, dan segera anda realisasikan dan semoga dari tips singkat ini bisa membuka wawasan anda untuk bagaimana keluar dari zona nyaman anda dan semoga bermanfaat.


Blog, Updated at: 9:30 PM

5 Comment:

  1. Wow Ini keren, lebih keren kalo susah terealisasikan

    ReplyDelete
  2. setuju banget gan sama artikelnya.......memang kita harus mencari sesuatu yang baru untuk menjadi diri yang lebih maju.....d'winner never quit n d'quitter never win

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak komentar anda?

KAMU HARUS TAHU

ARCHIVE

LABELS

UPDATE VIA EMAIL
Berlangganan artikel via email!